Pengangkut pasien membantu memindahkan pasien ke seluruh rumah sakit sehingga mereka dapat pergi ke dan dari area perawatan, menjalani tes, dan pulih dari prosedur. Mereka juga melakukan lebih dari itu, menjadikan mereka bagian penting dari tim rumah sakit.
Kurangnya proses atau komunikasi yang terstandarisasi seringkali menyebabkan kesalahan dalam transportasi pasien. Memiliki tim transportasi pasien yang berdedikasi membantu mengurangi kesalahan ini.
Keamanan
Transportasi pasien mungkin merupakan layanan penting yang ditawarkan rumah sakit, namun bukan berarti hal ini bisa dianggap enteng. Baik memindahkan pasien dari satu lokasi dalam fasilitas ke fasilitas lain atau membawa pasien dari ambulans ke rumah sakit, para profesional medis dipercaya untuk menjaga keselamatan pasien selama perjalanan mereka.
Kesalahan terkait transportasi pasien dapat terjadi dengan cepat dan sering, sehingga berdampak pada segala hal mulai dari kesehatan pasien hingga biaya perawatan kesehatan. Kesalahan yang paling sering terjadi antara lain transportasi pasien yang salah ke lokasi yang salah dan masalah komunikasi atau serah terima yang menyebabkan pesanan atau perawatan tidak terjawab atau tertunda.
Program transportasi pasien yang terpusat dapat membantu meminimalkan risiko ini, dengan praktik dan strategi terbaik yang mencakup:
Pastikan semua pengangkut dilatih dan bersertifikat dalam layanan medis darurat. Pastikan kendaraan pengangkut memiliki kompartemen pengemudi dan pasien terpisah dengan pintu/jendela tertutup dan sistem ventilasi diatur ke mode non-resirkulasi.
Tempatkan perawat atau ahli medis lainnya di area penumpang bersama setiap pasien selama pengangkutan untuk memantau tanda-tanda vital dan ritme jantung selama pengangkutan. Menggabungkan teknologi untuk mengurangi risiko kesalahan, seperti pemantauan telemetri. Selama pengangkutan, pastikan semua pasien menggunakan pengaman yang tepat berdasarkan usia dan kebutuhan medis mereka.
Berusahalah untuk menjaga suhu kendaraan tetap rendah selama pengangkutan, khususnya di musim panas. Hal ini dapat mengurangi risiko kelelahan akibat panas pada pasien dan menurunkan laju penggunaan oksigen, sehingga meningkatkan keselamatan pasien.
Tawarkan kenyamanan kepada pasien dengan menggunakan teknik seperti membuat mereka tertawa atau sekadar mendengarkan kekhawatiran mereka. Pengangkut juga mengikuti protokol, seperti mengangkut pasien yang meninggal ke tempat peristirahatan terakhirnya.
Selama suatu shift biasa, seorang pengangkut dapat ditugaskan hingga dua angkutan dalam satu jam. Dengan volume pekerjaan yang begitu besar, sangat penting agar semua potongan puzzle dapat disatukan dengan lancar dan aman. Di sinilah transportasi pasien benar-benar bersinar, memberikan ketenangan pikiran bagi pasien dan memastikan staf medis dapat berkonsentrasi pada pekerjaan mereka. Inilah sebabnya mengapa organisasi layanan kesehatan berinvestasi dalam pelatihan khusus, peningkatan fasilitas, dan peningkatan peralatan untuk tim transportasi mereka.
Kenyamanan
Perusahaan transportasi pasien membantu staf rumah sakit bebas dari beban memindahkan pasien. Hal ini memungkinkan para profesional medis untuk fokus pada pekerjaan mereka dan memastikan bahwa setiap pasien dirawat dengan baik. Hal ini sangat penting terutama ketika pasien memerlukan perawatan darurat, misalnya pada kasus serangan jantung atau stroke.
Di dalam rumah sakit, tidak jarang pasien secara fisik tidak dapat berjalan dari kamar mereka ke area lain di fasilitas untuk melakukan tes atau prosedur. Pengangkut pasien membantu pergerakan ini, menggunakan kursi roda dan tandu untuk membawa mereka ke tempat yang mereka inginkan.
Pekerjaan itu berat dan sering kali berbahaya. Misalnya, gaya geser selama perpindahan slide dapat menyebabkan luka dan laserasi pada kulit. Selain itu, jika pasien dibiarkan dalam posisi tersebut dalam waktu lama tanpa mengubah posisinya, mereka dapat mengalami luka tekan.
Namun terlepas dari risikonya, Crothall dan timnya berupaya keras untuk memastikan bahwa setiap pasien mendapatkan perjalanan yang paling aman dan nyaman. Mereka menggunakan teknik yang menenangkan untuk membuat pasien merasa nyaman, mulai dari musik yang menenangkan hingga percakapan yang bersahabat. Novelette Forte mengetahui bahwa membuat pasien tertawa dapat memberikan manfaat yang besar, sementara Rosalina Rivera menemukan bahwa mendengarkan kekhawatiran pasien juga sama efektifnya.
Mereka juga berhati-hati untuk melindungi diri mereka dari bahaya pekerjaan mereka. Mereka mengenakan pakaian lulur yang nyaman, serta kemeja dan celana katun longgar yang biasanya disediakan oleh majikan mereka. Seragam biasanya diberi kode warna, dan beberapa rumah sakit juga memerlukan tutup kepala dan masker pelindung.
Komunikasi
Transportasi pasien adalah layanan serba cepat dan sangat terspesialisasi yang memerlukan pelatihan tingkat tinggi. Tanggung jawabnya mencakup memindahkan pasien dengan aman dan efisien ke tujuan mereka sambil memastikan bahwa semua informasi tentang pasien ditransfer dengan benar. Transporter juga berkomunikasi dengan dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya secara teratur. Kemampuan berinteraksi dengan baik dengan pasien, memahami pentingnya kerahasiaan, dan menjaga sikap profesional juga penting.
Meskipun banyak departemen rumah sakit menggunakan kombinasi staf untuk mengangkut pasien, pengangkut pasien yang berdedikasi dapat memberikan prosedur yang konsisten dan terstandarisasi yang membantu mengurangi kesalahan. Tim terpusat dapat memastikan bahwa pasien selalu diangkut ke tujuan yang tepat dan peralatan medis yang tepat dibawa untuk setiap pemindahan. Selain itu, tim dapat memverifikasi identitas pasien sebelum dan selama pengangkutan untuk mencegah ketidakcocokan antara catatan dan identifikasi langsung.
Tugas dan tanggung jawab pengangkut seringkali mencakup berbagai tugas, mulai dari mengambil tanda-tanda vital hingga mencatat kondisi pasien sepanjang perjalanan. Mereka juga dapat menyiapkan peralatan untuk transportasi, menjawab pertanyaan dari pasien atau keluarga mereka, dan mengikuti tindakan pencegahan keselamatan standar. Beberapa pengangkut adalah perawat terdaftar (RN), sementara yang lain memiliki tingkat pelatihan medis yang lebih rendah. Mereka mungkin bekerja penuh waktu atau bekerja sebagai PRN atau “pro re nata,” yang berarti bahwa mereka bertanggung jawab untuk melakukan shift sesuai kebutuhan.
Selain memastikan bahwa pengangkut yang tepat berada pada waktu yang tepat untuk setiap permintaan, program transportasi pasien yang sukses harus mampu merespons permintaan dengan cepat selama jam sibuk. Tim transportasi pasien dapat membantu mengelola permintaan dengan menerapkan model kepegawaian yang fleksibel dan berbasis data yang membuat anggota tim tetap produktif dan menghindari kemacetan.
Berbeda dengan ambulans darurat, transportasi pasien non-darurat biasanya diperuntukkan bagi pasien yang perlu melakukan perjalanan antar lokasi dalam rumah sakit yang sama. Biasanya digunakan untuk mengangkut pasien rawat inap ke dan dari pencitraan diagnostik, ruang operasi, dan area klinis lainnya.
Di banyak negara, layanan transportasi non-darurat dioperasikan secara terpisah dari ambulans darurat. Sebab, kendaraan tersebut biasanya tidak dilengkapi peralatan pendukung kehidupan dan dikelola oleh personel yang kurang berkualifikasi dibandingkan kru ambulans darurat.
Profesionalisme
Perusahaan angkutan pasien harus memberikan pelayanan profesional bagi mereka yang tidak dapat mengemudi sendiri. Mereka mungkin perlu melakukan perjalanan jauh, memiliki kebutuhan khusus, atau sedang dalam masa pemulihan setelah operasi. Perusahaan transportasi pasien yang baik akan membantu mengurangi stres akibat situasi seperti itu dengan mempertimbangkan sejumlah tindakan. Hal ini mungkin termasuk mengatur kendaraan yang sesuai atau menentukan apakah rute tersebut aman untuk digunakan, memastikan pengemudi memiliki izin dan asuransi, dan menyediakan tim dukungan yang dapat membantu komunikasi.
Pengangkut Pasien bertanggung jawab untuk mengangkut pasien ke, sekitar, dan keluar fasilitas kesehatan. Mereka juga memantau kesehatan dan kesejahteraan pasien selama perjalanan. Jika perlu, mereka melakukan layanan kesehatan tertentu selama transportasi, seperti pemeriksaan tekanan darah atau kadar oksigen pasien.
Untuk melakukan ini, mereka harus mengikuti semua protokol rumah sakit. Mereka juga memastikan bahwa semua peralatan medis berfungsi dengan baik dan siap untuk diangkut. Selain itu, mereka menyimpan catatan harian yang cermat dan mencatat kapan pasien atau peralatan medis telah mencapai tujuannya.
Informasi ini digunakan untuk memberi tahu staf dan dokter di fasilitas penerima tentang kondisi pasien. Hal ini membantu untuk menentukan apakah pasien cukup stabil untuk dipindahkan dan apakah diperlukan perawatan lebih lanjut. Anggota keluarga pasien juga dapat diberitahu apakah mereka akan bepergian bersama pasien atau tidak.
Pengangkut pasien adalah bagian penting dari staf medis rumah sakit. Hal-hal tersebut sering kali merupakan kesan pertama dan terakhir yang dimiliki pasien terhadap rumah sakit, dan penting bagi mereka untuk memperlakukan setiap pasien dengan kasih sayang dan rasa hormat. Mereka harus mengetahui seluruh kebijakan dan prosedur rumah sakit, termasuk yang berkaitan dengan keselamatan dan privasi pasien.
Kandidat ideal untuk posisi pengangkut pasien adalah seseorang yang berkembang dalam lingkungan tim, memiliki keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik, dan memiliki kemampuan untuk tetap tenang dalam situasi stres. Mereka juga akan mampu menangani berbagai tugas, mulai dari menangani pasien hingga mengemudikan kendaraan dan membantu di ruang operasi. Mereka harus memiliki ijazah sekolah menengah atas dan bersedia menjalani pelatihan kerja.