Jika Anda menjual produk, Anda memahami betapa pentingnya kemasan Anda. Ini adalah kesan pertama pelanggan terhadap produk dan perusahaan Anda. Dalam pasar pangan yang sangat kompetitif, kemasan makanan yang fleksibel telah mendapatkan popularitas. Itulah beberapa pertimbangan dalam memilih kemasan yang tepat untuk produk Anda.
Pertimbangkan Produk Anda
Pertimbangan pertama Anda adalah kebutuhan produk Anda. Misalnya, apakah Anda memerlukan opsi kedap air, dan haruskah opsi tersebut menghalangi cahaya dan kelembapan? Apakah Anda ingin pelanggan melihat produk Anda melalui jendela, atau Anda lebih suka memiliki lebih banyak ruang pencetakan?
Pahami Anggaran Anda
Anggaran Anda memainkan peran penting dalam jenis kemasan yang Anda beli. Anda mungkin sudah memiliki mesin untuk jenis tertentu, seperti rollstock, kantong, wadah kaca atau plastik, atau opsi kotak kaku. Selain itu, beberapa bahan lebih mahal dibandingkan bahan lainnya.
Oleh karena itu, Anda harus memahami berapa banyak yang dapat Anda keluarkan untuk pengemasan. Pertimbangkan item lain yang mungkin perlu Anda beli untuk meningkatkan efisiensi pengisian dan penyegelan. Anda juga harus menghitung biaya pengangkutan barang Anda ke pasar dan biaya distribusi atau penjualan lainnya yang mungkin Anda hadapi.
Kemasan Rollstock
Anda juga perlu mempertimbangkan proses pengemasan Anda. Dengan kemasan fleksibel, Anda dapat menggunakan kemasan gulungan yang dipotong, diisi, dan disegel melalui mesin. Kemasan ini cenderung rata dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.
Anda juga dapat menemukan kemasan fleksibel yang dikemas dalam kantong. Mereka juga dapat diisi dengan mesin, tetapi mereka berdiri di atas gusseted bottom sehingga menonjol di rak. Anda juga dapat memilih pembungkus yang terbuat dari berbagai bahan, termasuk plastik, untuk menonjolkan produk Anda.
Kemasan Berkelanjutan
Semakin banyak konsumen yang mengadopsi kepedulian terhadap lingkungan. Oleh karena itu, banyak yang mulai memilih produk dari perusahaan yang memiliki inisiatif ramah lingkungan. Salah satu inisiatif termudah yang dapat Anda lakukan adalah pengemasan berkelanjutan.
Anda dapat memilih opsi yang dapat terurai dengan cepat atau yang dapat didaur ulang oleh pelanggan Anda. Anda juga memiliki pilihan untuk kemasan yang dapat digunakan kembali. Selain itu, pertimbangkan untuk menghindari kemasan yang berat dan besar yang memakan lebih banyak ruang dan lebih berat.
Angkutan
Kemasan yang besar dan berat meningkatkan biaya transportasi dan mengurangi jumlah produk yang dapat Anda kirimkan sekaligus. Transportasi yang efisien berarti Anda menghemat ruang sekaligus tetap melindungi produk Anda di dalam kemasannya sehingga produk berada dalam kondisi sempurna saat sampai di rak toko.
Kemasan fleksibel mengurangi ruang yang Anda perlukan selama pengiriman dan di rak. Anda juga bisa memuat lebih banyak di rak. Selain itu, cenderung lebih ringan dan Anda bisa mendapatkan lebih banyak di dalam kotak atau palet, sehingga meningkatkan potensi keuntungan Anda. Biaya pengiriman per unit Anda juga cenderung lebih rendah pada opsi fleksibel.
Mencetak Real Estat
Kemasan Anda harus menonjolkan dan mencerminkan merek Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengevaluasi desain dan properti pencetakan sesuai pilihan Anda. Pertimbangkan target audiens Anda dan apa yang mereka harapkan dari Anda. Anda juga dapat mengevaluasi jenis kemasan yang mereka pilih, misalnya pilihan stand-up atau lay-flat serta bahannya. Semakin banyak properti pencetakan yang Anda miliki, semakin banyak informasi dan opsi koneksi, seperti menyertakan cerita atau kode QR di mana mereka dapat mempelajari lebih lanjut atau terhubung dengan perusahaan Anda, yang dapat Anda berikan kepada pelanggan Anda.
Apakah Anda memilih tas mylar atau kotak kardus, temukan opsi pengemasan terbaik untuk perusahaan dan produk Anda.