Di era bisnis modern, ada beberapa tantangan yang selalu dihadapi. Salah satu tantangan utama baru-baru ini adalah pandemi pada tahun 2020. Virus COVID-19 memaksa banyak usaha kecil untuk cepat beradaptasi atau menghadapi ketidakpastian finansial, yang paling mendesak adalah kebutuhan untuk mendukung kerja jarak jauh untuk mematuhi pembatasan pemerintah terhadap pergerakan warga dan kebijakan yang sedang berlangsung. lockdown nasional.
Ketika dunia mulai keluar dari pandemi ini, semua dunia usaha dihadapkan pada tingkat inflasi yang tinggi dan kenaikan harga bahan baku. Biaya tambahan ini perlu dibebankan kepada konsumen dalam bentuk harga produk yang lebih tinggi, yang berpotensi menurunkan penjualan. Selain itu, munculnya krisis biaya hidup mengurangi daya beli konsumen, sehingga menambah tantangan tambahan terhadap pendapatan penjualan, terutama untuk barang-barang non-esensial atau beberapa barang mewah.
Meskipun iklim ekonomi saat ini terlihat lebih cerah, semua usaha kecil masih perlu mencari cara unik untuk mengembangkan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing mereka. Hal ini dapat menjadi cara utama untuk memastikan profitabilitas jangka panjang dan kelangsungan operasional perusahaan kecil. Artikel ini akan mengeksplorasi konsep keunggulan kompetitif, memberikan informasi tentang bagaimana perusahaan kecil dapat memperoleh sifat bisnis yang penting ini.
Menawarkan opsi pengiriman yang andal dan hemat biaya
Sebagai pasar e-commerce terus berkembang, konsumen sudah terbiasa membeli berbagai barang secara online dan kemudian menunggu pengiriman. Namun, salah satu bagian penting dari hal ini adalah pelanggan semakin mengharapkan beragam pilihan pengiriman (termasuk pengiriman lebih lambat, hemat, dan ekspres premium). Banyak perusahaan kecil yang meremehkan pentingnya beragam pilihan pengiriman dan kebutuhan akan rentang waktu yang dapat diandalkan bagi pelanggan. Ketika pengiriman terlambat atau mengakibatkan kerusakan pada produk dalam perjalanan, banyak konsumen akan “memilih dengan dompet mereka” dan memilih bisnis lain untuk diajak berdagang.
Semua usaha kecil harus bermitra dengan perusahaan pengiriman yang andal yang dapat mematuhi rentang waktu pengiriman dan menawarkan harga yang kompetitif. Cari pasar untuk agen pengiriman terkemuka seperti Kapal AS. Idealnya, perusahaan tersebut telah membangun reputasi yang kuat dalam melakukan pengiriman dengan cepat dan dengan tingkat kerusakan minimal pada produk dalam perjalanan. Perusahaan-perusahaan tersebut juga harus mampu menawarkan penawaran harga yang kompetitif untuk pengiriman berbagai barang dalam jumlah besar, sehingga memungkinkan perusahaan-perusahaan kecil untuk membebankan biaya rendah ini kepada pelanggan. Singkatnya, pengiriman yang dapat diandalkan dengan harga yang kompetitif membantu perusahaan kecil mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan yang tidak fokus pada bagian penting dari penjualan ini.
Carilah tren pasar yang sedang berkembang
Setiap usaha kecil perlu melihat ke masa depan, idealnya dengan memprediksi tren yang muncul di pasar yang dapat mereka manfaatkan. Misalnya, dalam dekade terakhir, konsumen menjadi semakin sadar lingkungan dan bersedia membayar mahal untuk produk dan jasa yang diproduksi atau diperoleh secara berkelanjutan. Perusahaan-perusahaan kecil yang melihat tren ini sejak dini akan mampu menyesuaikan rangkaian produk dan filosofi bisnis mereka untuk memanfaatkan pasar negara berkembang ini dan menikmati peningkatan kesuksesan finansial.
Saat ini, semua usaha kecil perlu mengidentifikasi tren yang muncul di sektor operasi mereka sehingga mereka dapat tetap kompetitif dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang terus berkembang. Cara utama untuk mencapai hal ini adalah dengan menggunakan platform online seperti Google Tren untuk mengidentifikasi apa yang sedang dicari konsumen. Dengan mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk memantau tren yang muncul, lini produk dapat diadaptasi atau lini baru yang mencerminkan perkembangan ini dapat diciptakan. Ini bisa menjadi cara utama untuk menjaga bisnis kecil Anda tetap relevan dengan basis konsumen seiring dengan perubahan selera dan preferensi.
Dengarkan pelanggan Anda
Yang terakhir, usaha kecil harus memastikan bahwa mereka menerapkan program berkelanjutan untuk mendengarkan pelanggan mereka. Umpan balik pelanggan dapat menjadi hal yang penting di semua tahap kehidupan suatu produk, mulai dari memastikan bahwa produk tersebut dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar sasaran sebelum diluncurkan hingga mendorong perubahan yang meningkatkan daya tarik seiring dengan kematangan produk. Perusahaan dapat mencari umpan balik pelanggan dalam berbagai cara. Kelompok fokus konsumen dapat menjadi metode yang efektif untuk mendapatkan informasi kualitatif mendalam tentang produk.
Mereka dapat membantu mendorong perbaikan desain untuk item atau memungkinkan ide produk baru diidentifikasi. Metode lain yang valid adalah dengan mencari masukan pelanggan dalam bentuk survei. Hal ini dapat membantu perusahaan kecil untuk memahami keseluruhan kualitas layanan yang diberikan ketika penjualan dilakukan dan apakah ada jalan untuk perbaikan di seluruh titik kontak pelanggan. Singkatnya, dengan terus mendengarkan pelanggan, Anda dapat menyempurnakan penawaran produk Anda, meningkatkan layanan yang diberikan kepada pelanggan, dan mengidentifikasi peluang baru untuk penjualan.